Pengantar dansa ballroom

Pengantar dansa ballroom

Jika Anda pernah duduk mengagumi tarian, teknik, dan kostum yang indah dari para penari di Strictly Come Dancing, Anda mungkin bertanya-tanya pada diri sendiri bagaimana semua tarian ballroom dimulai.

Sejarah dansa ballroom kembali berabad-abad, dengan catatan pertama berasal dari Prancis abad ke-16. Padahal, saat ini sangat berbeda dan jauh lebih jinak daripada yang kita kenal sekarang.

Pada awal 1800-an Waltz pertama datang ke Inggris, meskipun kebutuhan rutin untuk berdiri dekat dengan pasangan Anda awalnya menyebabkan banyak skandal dan perlawanan. Dansa ballroom mengalami peningkatan popularitas yang stabil, dan pada tahun 1920-an orang mulai menikmati kebebasan yang lebih besar – tidak hanya dalam pakaian mereka (dengan rok pendek dan gaun gaya flapper yang lebih longgar menjadi norma), tetapi juga di lantai dansa.

Dengan munculnya era Hollywood di tahun 1930-an, penonton massal sekarang dapat melihat dan menghargai keindahan dan glamor tarian seperti Waltz, Foxtrot, dan Quickstep – dan rutinitas dari periode ini telah diciptakan kembali dalam produksi populer seperti Singin’ di Hujan dan Top Hat.

Di Inggris, Victor Sylvester adalah orang yang dikreditkan dengan memperkenalkan dansa ballroom kepada massa, seperti pada tahun 1939 ia mulai memberikan pelajaran dansa ballroom di radio dan menjual rekaman untuk dipelajari orang dalam kenyamanan rumah mereka sendiri.

Sejak saat itu, sisanya cukup banyak sejarah. Seri dansa ballroom pertama Come Dancing berlangsung dari tahun 1949 hingga 1998. Ini sangat populer sehingga diikuti pada tahun 2004 oleh Strictly Come Dancing, yang telah sukses besar sejak saat itu.

Author: John Cox