Kesehatan prostat di atas 50 – tanda dan gejala yang harus diwaspadai

Kesehatan prostat di atas 50 - tanda dan gejala yang harus diwaspadai

Seperti disebutkan sebelumnya, kanker prostat adalah kanker paling umum pada pria (dengan sekitar 52.300 kasus kanker prostat baru di Inggris setiap tahun), dan meskipun penyebabnya sebagian besar tidak diketahui – apa yang kita ketahui adalah bahwa sebagian besar kasus terlihat pada pria di atas usia usia 50.

Risikonya mungkin juga lebih tinggi pada pria gemuk, pria yang memiliki saudara laki-laki atau ayah yang menderita penyakit tersebut, atau pada pria kulit hitam (kemungkinan 1 dari 4, dibandingkan dengan kemungkinan 1 dari 8 yang dimiliki pria lain).

Kanker prostat berkembang perlahan selama beberapa tahun, dan mungkin tidak ada gejala pada awalnya. Gejala sering tidak akan muncul sampai kanker telah tumbuh ke ukuran di mana memberikan tekanan pada uretra dan menyebabkan masalah dengan buang air kecil.

Tanda dan gejala kanker prostat yang harus diwaspadai meliputi:

Perlu lebih sering buang air kecil Terburu-buru ke toilet dengan sangat tiba-tibaTerbangun untuk buang air kecil di malam hari Tidak mengosongkan kandung kemih Anda sepenuhnya Memiliki aliran urin yang lemah (bahkan ketika keinginan untuk buang air kecil kuat) Mengejan untuk buang air kecil, atau membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya Sulit untuk memulai buang air kecil, bahkan ketika Anda merasa putus asa. Darah dalam urin atau air mani

Memiliki gejala-gejala ini tidak selalu berarti bahwa Anda menderita kanker prostat, tetapi penting untuk membuat janji dengan dokter umum Anda yang dapat menjalankan beberapa tes, dan membantu Anda memahami apa yang sedang terjadi.

Langkah pertama biasanya adalah melakukan tes PSA. Ini adalah tes darah, yang akan mengukur jumlah antigen spesifik protein (PSA) dalam darah Anda. Protein ini dibuat di prostat dan dapat membuat indikasi tertentu tentang kesehatannya.

Kadar PSA yang tinggi dapat menunjukkan bahwa ada masalah (walaupun tidak selalu kanker). Dokter Anda mungkin juga melakukan sampel urin, meminta Anda untuk membuat buku harian kandung kemih, dan/atau melakukan pemeriksaan fisik pada area perut, penis, dan prostat Anda (yang dapat dirasakan melalui dinding rektum Anda).

Alasan mengapa tes PSA tidak diberikan secara rutin kepada semua pria adalah bahwa meskipun tes tersebut dapat membantu mendeteksi kanker dalam beberapa kasus, mereka juga dapat melewatkan kanker atau menghasilkan hasil positif palsu. Hal ini dapat menyebabkan jaminan palsu jika ada kanker, atau tes tambahan (dan khawatir) jika tidak ada kanker.

Tes PSA juga tidak dapat membedakan antara kanker yang tumbuh lambat dan yang tumbuh cepat. Beberapa kanker yang tumbuh lambat dapat dipantau secara aktif selama bertahun-tahun dan tidak pernah menimbulkan masalah – sehingga tidak dapat memberikan informasi rinci lebih awal kepada pasien tentang prognosisnya dapat menyebabkan kekhawatiran yang tidak perlu.

Namun, apakah Anda memiliki gejala atau tidak, penting untuk dicatat bahwa Anda masih berhak atas tes PSA di Inggris jika Anda berusia di atas 50 tahun, dan mengetahui pro dan kontra dari pengujian.

Jika Anda menjalani tes PSA dan kadar Anda meningkat, atau dokter Anda khawatir tentang hasil tes lain atau tentang gejala Anda – maka mereka mungkin mengirimi Anda pemindaian MRI prostat Anda untuk memastikan apakah ada masalah. Jika pemindaian menunjukkan sesuatu yang tidak normal, maka biopsi akan dapat menentukan lebih banyak tentang apa masalahnya, dan apakah ada sel kanker.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana kanker prostat didiagnosis, dan tes apa yang digunakan, ada baiknya melihat informasi ini dari Prostate Cancer UK.

Prognosis untuk pria dengan kanker prostat biasanya baik (dan mungkin tidak memperpendek hidup pria) jika belum menyebar ke luar prostat. Perawatan biasanya akan tergantung pada faktor-faktor seperti usia dan prognosis, tetapi dapat mencakup pilihan seperti pengawasan aktif, pengangkatan prostat, radioterapi, kemoterapi, dan terapi hormon.

Author: John Cox