Inflasi turun tetapi tetap mendekati level tertinggi 41 tahun

Inflasi melonjak ke level tertinggi 40 tahun baru 10,1%

Inflasi sedikit menurun menjadi 10,7% dalam 12 bulan hingga November, tetapi tetap mendekati level tertinggi 41 tahun dan lebih dari lima kali target pemerintah sebesar 2%.

Indeks Harga Konsumen (CPI), yang digunakan pemerintah sebagai ukuran resmi inflasi, telah meningkat tajam tahun ini, mencapai 9,9% pada Agustus, 10,1% pada September, dan kemudian 11,1% dalam 12 bulan hingga Oktober. Sementara itu, ukuran inflasi Indeks Harga Eceran (RPI), yang mencakup biaya perumahan, mencapai 14% dalam 12 bulan hingga November, turun dari 14,2% pada Oktober.

Myron Jobson, analis keuangan pribadi senior di investor interaktif mengatakan: “Orang Inggris akan berharap bahwa kejatuhan menandai awal dari penurunan inflasi setelah dipukul oleh kenaikan biaya yang tampaknya semua bidang pengeluaran dari makanan yang kita pakai. tabel berapa banyak yang kita habiskan untuk memanaskan rumah kita. Berbelanja makanan menghabiskan lebih banyak anggaran rumah tangga kita, dengan harga makanan tahunan melonjak hampir 16,5% dalam setahun hingga November, naik sedikit dari 16,4% di Oktober.

“Inggris telah mencapai titik kritis di mana inflasi tinggi adalah normal baru dan keuangan kita kemungkinan akan terus meregang untuk beberapa waktu mendatang. Bank of England memperkirakan inflasi melambat tajam dari pertengahan tahun depan sebelum jatuh kembali ke target 2% dalam waktu dua tahun.”

Dampak dari melonjaknya inflasi menempatkan keuangan rumah tangga di bawah tekanan yang signifikan, dan sementara pemerintah telah memperkenalkan beberapa langkah untuk meringankan biaya energi, banyak orang masih cenderung berjuang untuk menutup biaya.

Mantan Perdana Menteri, Liz Truss, mengumumkan batas harga energi tahunan sebesar £2.500 untuk rata-rata rumah tangga Inggris, meskipun dia mengingkari janjinya bahwa ini akan berlangsung selama dua tahun ke depan, dan sekarang hanya akan berlaku hingga April tahun depan. pada titik mana tagihan energi rata-rata akan naik sebesar £500 menjadi £3.000. Batas tersebut merupakan tambahan dari potongan harga pemerintah sebesar £400 untuk setiap rumah tangga, dengan dukungan tambahan yang tersedia bagi mereka yang berpenghasilan rendah. Meskipun ini akan membantu, harga energi masih lebih dari dua kali lipat jumlah musim dingin lalu.

Kevin Brown, spesialis tabungan di Scottish Friendly berkata: “Krisis energi jelas tidak mereda, dan inflasi sekarang menjadi lebih jelas didorong oleh masalah utama ini. Jaminan harga energi di bulan Oktober tampaknya telah mencegah kenaikan yang lebih buruk tetapi ini tidak akan bertahan lama setelah Maret karena jaminan harga energi meningkat, menambah tekanan setelah musim dingin yang sulit.

“Tekanan pada pendapatan yang dapat dibelanjakan rumah tangga tidak tiba-tiba mereda, jadi penting bagi orang-orang untuk mencoba menyisihkan uang tambahan yang mereka miliki saat ada kesempatan. Itu mungkin berarti menabung uang tunai untuk akses mudah, atau jika itu untuk masa depan, menginvestasikan sebagian karena setidaknya menawarkan kemungkinan pengembalian inflasi di atas.

Jika Anda khawatir tentang dampak inflasi pada keuangan Anda, Anda dapat mencari cara untuk mengurangi tagihan rumah tangga Anda di artikel kami Cara menghemat uang – 21 tips menghemat uang. Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang krisis energi saat ini dalam panduan kami Krisis tagihan energi: Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi biaya yang melonjak? dan tentang bantuan yang mungkin bisa Anda dapatkan dengan tagihan pemanas di panduan kami Apakah Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan terkait biaya pemanas?

Jika Anda ingin menabung sehingga Anda memiliki penyangga keuangan untuk menutupi biaya yang meningkat, artikel kami Cara membangun dana darurat dan Rekening tabungan akses instan terbaik mungkin berguna.

Author: John Cox