Apakah Obligasi Premium lebih baik daripada rekening tabungan?

Apakah Obligasi Premium lebih baik daripada rekening tabungan?

Itu sepenuhnya tergantung pada seberapa beruntungnya Anda! Sedangkan dengan rekening tabungan Anda pasti akan menerima tingkat bunga yang diiklankan, jika Anda memiliki Obligasi Premium, tidak ada jaminan Anda akan memenangkan apapun.

Sarah Coles, analis keuangan pribadi senior di Hargreaves Lansdown mengatakan: “Obligasi Premium adalah harta nasional, dan mereka tidak kehilangan kilaunya. Selama pandemi, penabung berbondong-bondong ke merek-merek terkenal, dan sementara mereka meninggalkan produk NS&I lainnya berbondong-bondong ketika suku bunga dipotong, Obligasi Premium tetap bertahan.

“Namun, pada saat kenaikan suku bunga dan inflasi yang melonjak, biaya peluang memegang Obligasi Premium meningkat.”

Meskipun tingkat tabungan secara bertahap meningkat, sementara mereka masih relatif rendah, banyak orang dengan senang hati menerima risiko bahwa mereka mungkin tidak memenangkan apa pun dan mungkin lebih memilih untuk memasukkan uang mereka ke dalam Obligasi Premium, terutama karena investasi awal mereka dilindungi, dan mereka dapat tunai dalam obligasi mereka setiap saat.

Ms Coles berkata: “Anda dapat memutuskan bahwa peluang yang semakin kecil untuk memenangkan sejumlah uang yang mengubah hidup layak untuk melepaskan tingkat bunga yang jauh di belakang inflasi saat ini. Atau, Anda dapat memutuskan bahwa Anda memerlukan tabungan Anda untuk bekerja sekeras mungkin untuk Anda pada saat-saat seperti ini, tanpa mengandalkan keberuntungan.

Terserah Anda untuk memutuskan apakah Anda ingin memasukkan uang Anda ke dalam Obligasi Premium atau apakah Anda memerlukan jaminan pengembalian dari tabungan Anda, betapapun terbatasnya hal ini. Ingatlah bahwa Anda tidak harus memilih satu atau yang lain, Anda mungkin, misalnya, memilih untuk memasukkan sedikit ke dalam keduanya sehingga Anda memiliki kesempatan untuk memenangkan hadiah, tetapi Anda masih akan mendapatkan bunga dari beberapa hadiah Anda. tabungan.

Author: John Cox