18 cara untuk keluar dari zona nyaman Anda

18 cara untuk keluar dari zona nyaman Anda

Menurut penelitian, begitu kita belajar dan menyesuaikan diri dengan cara terbaik melakukan sesuatu, dan dapat mengulanginya dengan nyaman, pusat pembelajaran otak kita pada dasarnya mati. Ini memungkinkan kita untuk masuk ke ‘mode autopilot’, sehingga kita tidak perlu lagi berusaha keras untuk melakukan hal-hal yang kita lakukan.

Misalnya, Anda mungkin berhenti memperhatikan lingkungan sekitar Anda dalam perjalanan pulang dari kantor karena Anda telah melewati rute itu ratusan kali sebelumnya, atau Anda mungkin mulai merasa latihan Anda mudah karena tubuh Anda sudah terbiasa dengan rutinitas tertentu. Atau, mungkin, Anda mungkin menemukan pikiran Anda melayang ke tempat lain saat Anda melakukan tugas rutin yang sama di tempat kerja.

Ketika ini terjadi, kita dapat digambarkan sebagai hidup dalam ‘zona nyaman’; ruang di mana kita merasa nyaman, dan biasanya dapat memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya. Karena kita mengenal ruang ini dengan baik, kita sering kali tidak perlu terlalu sibuk di sana, dan pada dasarnya bisa bersantai.

Masalah dengan keadaan ini adalah bahwa hal itu membuat pertumbuhan dan perkembangan pribadi sangat sulit untuk dicapai. Pertumbuhan terjadi ketika kita menantang diri kita sendiri untuk melangkah keluar dari zona nyaman kita, dengan mengekspos diri kita pada lingkungan, orang, dan situasi baru. Karena dengan melakukan itu, kita membuka diri terhadap pengetahuan, peluang, dan pengalaman baru.

Ketika kita memutuskan untuk tidak mencoba sesuatu yang baru karena terasa lebih aman dan lebih mudah untuk tidak melakukannya, kita biasanya mencoba menghilangkan unsur risiko dari kehidupan kita. Memprediksi hasil dari skenario baru bisa jadi rumit; secara alami, pikiran kita menjadi liar dan cenderung menganggap yang terburuk akan terjadi.

Tetapi bagaimana jika kita memutuskan untuk membalikkan keadaan, dan mulai membayangkan skenario terbaik dari setiap hal baru yang kita coba? Bahkan jika hal baru ini awalnya membuat kita merasa tidak nyaman.

Alasan mengapa ungkapan “Hidup dimulai ketika Anda melangkah keluar dari zona nyaman Anda”, menjadi begitu populer adalah karena ketika kita tetap berada dalam batas-batas yang kita ketahui, kita bisa menjadi bosan dan terlepas dari kehidupan. Jika alasan kita berhenti mencoba hal-hal baru adalah karena rasa takut, maka kita mungkin juga menjadi frustrasi karena membiarkan rasa takut menahan kita dari kehidupan yang kita inginkan.

Mungkin juga untuk membiasakan diri berada di dalam zona nyaman kita sehingga kita bahkan berhenti mempertimbangkan bahwa mungkin ada lebih banyak lagi di luar itu. Suatu hari, kita mungkin mengambil langkah di luar itu secara kebetulan dan menyadari apa yang bisa kita lewatkan jika kita berani melampaui batas rutinitas dan perilaku normal kita sehari-hari.

Author: John Cox