10 masalah mata terkait usia yang harus Anda ketahui

10 age-related eye problems you should know about

Retina adalah lembaran tipis jaringan saraf yang melapisi bagian dalam mata. Ini adalah kunci untuk mengirimkan sinyal ke otak yang memungkinkan kita untuk melihat.

Di bawah ini adalah beberapa kondisi retina yang umum dan cara mengobatinya.

Degenerasi makula terkait usia (AMD)

Degenerasi makula terkait usia (AMD) adalah kondisi umum yang memengaruhi bagian tengah penglihatan Anda (bukan perifer). Ini dapat muncul di satu mata atau keduanya, dan gejala pertama sering kali mencakup kekaburan atau distorsi di area pusat penglihatan Anda.

AMD biasanya mulai mempengaruhi orang-orang di usia 50-an dan 60-an. Meskipun tidak menyebabkan kebutaan total, itu dapat membuat aktivitas sehari-hari seperti membaca dan mengemudi menjadi rumit.

Penyebab pasti AMD saat ini tidak diketahui, meskipun telah dikaitkan dengan merokok, tekanan darah tinggi, kelebihan berat badan, dan memiliki riwayat keluarga AMD. Tanpa mendapatkan pengobatan untuk AMD, penglihatan bisa menjadi lebih buruk, jadi yang terbaik adalah mencoba dan menangkapnya lebih awal. Perawatan untuk AMD termasuk suntikan mata dan terapi cahaya.

Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang AMD, termasuk gejalanya, didiagnosis, perawatan, dan hidup dengan kondisi tersebut di situs web NHS. Dan Anda dapat mencari ahli kacamata lokal Anda untuk memesan tes mata di sini.

Ablasi retina

Ablasi retina biasanya terjadi ketika retina telah dilemahkan oleh lubang atau robekan. Ini memungkinkan cairan terkumpul di bawah retina, yang melemahkan perlekatannya. Namun, bisa juga disebabkan oleh rabun jauh, operasi mata (seperti katarak), dan memiliki riwayat keluarga dengan ablasi retina.

Gejala retina yang terlepas termasuk penglihatan kabur atau redup, peningkatan tiba-tiba titik atau garis (mengambang dan berkedip), dan bayangan gelap bergerak melintasi penglihatan Anda.

Jika Anda menderita gejala-gejala ini, sebaiknya hubungi NHS 111 karena, jika tidak diobati, retina yang terlepas dapat memengaruhi penglihatan Anda secara permanen. Mereka akan dapat memberi tahu Anda apakah Anda perlu menemui seseorang, atau apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Perawatan dini untuk ablasi retina termasuk perawatan laser atau pembekuan. Terkadang, operasi dengan anestesi lokal mungkin diperlukan untuk memperbaiki lubang dan memasang kembali retina.

Retinopati diabetik

Retinopati diabetik adalah penyakit mata yang berisiko lebih tinggi untuk berkembang pada orang yang hidup dengan diabetes.

Ini karena, jika kadar gula darah dan tekanan darah tinggi secara konsisten, mereka dapat merusak pembuluh darah Anda. Dan dengan banyaknya pembuluh darah penting di mata Anda, ini dapat memengaruhi kemampuan retina untuk bekerja dengan baik, menyebabkan masalah penglihatan. Jika tidak diobati terlalu lama, retinopati diabetik dapat menyebabkan kehilangan penglihatan total.

Untungnya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri Anda dari pengembangan retinopati diabetik. Ini termasuk menjaga tekanan darah dan kadar gula, membuat pilihan gaya hidup sehat, melihat perubahan penglihatan Anda, dan menguji mata Anda.

Setiap orang di atas 12 tahun yang hidup dengan diabetes di Inggris berhak atas tes skrining mata NHS setahun sekali. Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang pemeriksaan mata diabetes dan cara memesan tes Anda sekarang di situs web NHS.

Situs web Diabetes UK juga memiliki informasi lebih lanjut tentang berbagai tahapan, penyebab, dan perawatan retinopati diabetik.

Author: John Cox